Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Jamu?

Posted 19 Jul 2016 12:00 WIB
Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Jamu?

Acaraki – Pada masa kehamilan, seorang wanita sangat sensitif dengan berbagai jenis makanan atau minuman.

Dianjurkan, di masa itu wanita penting untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Begitu pun dengan minuman. Hal itu menimbang kesehatan fisik ibu dan juga keamanan perkembangan janin dalam kandungannya.

Sementara, bagaimana dengan minuman khas Indonesia, Jamu? Apakah seorang ibu hamil aman jika mengkonsumsi jamu?

Dilansir Bidanku.com konsumsi jamu bagi ibu hamil ternyata dilarang karena berpotensi mengganggu kesehatannya dan janin.

Memang, terdapat berbagai varian jamu yang dijajakan oleh pedagang jamu yang disesuaikan dengan kondisi si konsumen, termasuk jamu sehat untuk ibu hamil.

Namun, dianjurkan sekali agar ibu hamil mesti berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Mereka tidak dianjurkan untuk serta merta mengkonsumsi begitu saja.

Jika tanpa anjuran dokter, dampak berikut ini bisa saja menggerogoti kesehatannya dan janin.

Ketuban Keruh

Konsumsi jamu yang dilakukan secara terus menerus dapat menimbulkan air ketuban berubah menjadi keruh. Dampak ini adalah hal umum yang akan dihadapi oleh ibu yang senang mengkonsumsi jamu selama masa kehamilan.

Dijelaskan bahwa air ketuban yang seharusnya bening dapat berubah menjadi kental dan berwarna hijau keruh. Akibatnya, ketuban menjadi bau.

Jika hal ini terjadi, kesehatan janin bakal terganggu dan tidak aman karena bakal mengalami kesulitan bernapas sewaktu dilahirkan.

Timbulnya Masalah Teratogenik

Masalah ini merupakan sebuah kelainan yang dapat menyebabkan timbulnya kecacatan pada bayi akibat konsentrat yang tidak direkomendasikan. Zat  tersebut bisa saja terkandung dalam jamu hingga dapat menyebabkan kecacatan dan bahkan membahayakan nyawa si bayi.

Timbulnya Kelainan Jantung

Konsumsi jamu tanpa rekomendasi dokter juga dapat menimbulkan kelainan jantung pada janin. Hal tersebut sangat beresiko terhadap keselamatannya.

Timbulnya Hyperthrohic Pyloric Stenosis

Kondisi ini adalah sebuah kelainan pada bagian otot penghubung lambung dengan bagian usus. Dijelaskan bahwa otot tersebut menjadi menebal sehingga menimbulkan kondisi kebuntuhan. Jamu bisa menjadi salah satu pemicu.

Dengan demikian ibu hamil tidak dianjurkan mengkonsumsi jamu selama masa kehamilan kecuali atas rekomendasi dari dokter. (rdgr)

Komentar Facebook