Racikan Jamu Beras Kencur Versi Mbak Nunun

Posted 20 Jul 2016 12:00 WIB
Racikan Jamu Beras Kencur Versi Mbak Nunun

Acaraki – Cara meracik jamu berbeda-beda bagi setiap orang. Faktor khasiat dan rasa menjadi alasan utamanya.

Sebagaimana dilansir Theurbanmama.com, seorang pegiat jamu, yang kerap disapa Mbak Nunun, memiliki cara racik jamu yang berbeda dari yang lain. Hal itu disampaikannya dalam sebuah workshop yang digelar belum lama ini.

Menurut Mbak Nunun, khusus untuk jamu beras kencur, ia memiliki bahan racikan dan cara tersendiri untuk menciptakan rasa dan khasiat yang bermanfaat.

Berikut jamu beras kencur, versi racikan Mbak Nunun.

Bahan

Sediakan Pasta Gula Merah

Pasta gula merah terdiri dari campuran 1 kg gula aren/gula merah yang dicampurkan ke dalam 500 ml air, kemudian direndam selama semalam. Setelah itu, campuran tersebut dipanaskan di api, hingga gulanya larut.

Beras

Sediakan beras secukupnya (boleh pakai beras merah) lalu cuci bersih dan bilas menggunakan air matang. Setelah itu, rendam selama 2,5 – 3 jam (jangan terlalu lama supaya tidak berair). Usai direndam, blender beras tersebut lalu sisihkan.

100 g kencur, Jahe secukupnya dan 1 liter air

Cara Membuat

Mbak Nunun menjelaskan, pembuatan jamu beras kencur diawali dengan memanaskan air di panci. Ia menganjurkan pakai panci keramik atau gerabah agar aroma asli rempah terjaga.

Setelah itu, masukkan semua bahan (kecuali beras), lalu aduk hingga rata. Ia mengatakan, campuran itu hendaknya dimasak di atas api sedang, hingga harum dan rimpangnya matang, lalu dinginkan. Setelah air rebusan agak dingin, masukkan beras dan aduk hingga rata.

Ia juga menawarkan, beberapa tambahkan bahan ke dalam jamu beras kencur(tanpa direbus lagi), seperti air lemon, daun rosemary, andaliman, kayu manis dan asam jawa.

Setelah dicampur, tuang jamu ke botol kaca yang sudah disterilkan, lalu simpan di lemari es untuk jangka panjang. Jamu tersebut, kata Mbak Nunun, bisa bertahan hingga 1 minggu tanpa pengawet.

Jamu tersebut juga bisa langsung dikonsumsi. Ia memastikan rasa dan khasiatnya jauh lebih baik. Patut dicoba! (rdgr)

Komentar Facebook